🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Kunci Jawaban Soal Activity 4 pada Unit 4: Analytical Exposition Text, Bahasa Inggris Kelas XI

Kunci Jawaban Soal Activity 4 pada Unit 4: Analytical Exposition Text, Bahasa Inggris Kelas XI
Tugasiswa.com - Pada buku Bahasa Inggris Tingkat Lanjut kelas XI (Sebelas), Unit 4 Analytical Exposition Text, Activity 3 dan Activity 4, Halaman 120-125, Kurikulum Merdeka tingkat sekolah kelas 11 SMA/MA/MAK terdapat 7 buah soal Essay dan Pilihan Ganda. Kita diminta untuk menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang berjudul Benefits of Getting a Covid-19 Vaccine.

Agar mempermudah guru dan siswa dalam menjawab soal tersebut, maka saya sudah menuliskan ulang teks beserta terjemahannya di bawah ini. Semoga bisa menjadi referensi yang sangat membantu dalam proses mengajar dan belajar ya.

ACTIVITY 3

Read the text and pay attention to the structure in the right column.

Benefits of Getting a Covid-19 Vaccine

Have you received the Covid-19 vaccine? Or have you been vaccinated? Or maybe even through it’s your turn, you are still not sure about the vaccination? You don’t need to worry at all about Covid-19 vaccination because, besides being safe, the Covid-19 vaccine can also provide many benefits for you. Here are five benefits of Covid-19 vaccination that you need to know.

First, vaccines can prevent covid-19 from infecting your body. We are actually already familiar with vaccinations. Since childhood we have had vaccinations and immunizations for various diseases.

Vaccines are currently available to protect against at least 20 diseases, such as diphtheria, tetanus, pertussis, influenza and measles. According to WHO, the presence of existing vaccines is estimated to have prevented 2 to 3 million deaths each year. Covid-19 vaccination can protect you by creating antibodies or the immune system in the body to fight the SARS-Cov-2 virus which causes The Covid-19 disease. With these antibodies, your body will be trained to prevent and fight Covid-19 infection. Vaccination is not a drug that completely cures Covid-19. However, according to experts, even if you get Covid-19 after vaccination, the vaccine will prevent your body from infection and the symptoms of Covid-19, because your body now has a stronger body defence system.

Second, vaccines can help you protect those around you. When you are vaccinated, you protect not only yourself but also your family and the people around you. This is because not everyone can receive the Covid-19 vaccine. Currently, vaccines are only given to those who are healthy, do not have any serious disease, are over 18 years of age, and other requirements. Those who cannot be vaccinated rely on you who can be vaccinated to reduce the spread of Covid-19. The more people get vaccinated the less likely infected people pass disease.


Third, vaccines can protect and help health workers. Did you know that the Covid-19 pandemic makes many hospitals burdened because of limited facilities and resources? It is not surprising that many hospitals reached their capacity to admit Covid-19 and non-Covid-19 patients. Health workers who care for Covid-19 patients must endure wearing Personal Protective Equipment (PPE) for an extended period to protect them from Covid-19. With the advent of vaccines and more people getting vaccinated, the infected people and the transmission rate will certainly decrease. This reduces the burden on health workers and health facilities. Health workers can dedicate their efforts, funds and equipment to helping patients with severe symptoms or other diseases and preventing the build-up of patients in the hospital

Fourth, with vaccines, a pandemic can end soon. You definitely want the pandemic to end soon, right? So now it is time! If you get vaccinated and more people get vaccinated against Covid-19, there will be a greater self-defence for so many people. This will encourage the formation of herd immunity in which residents in certain areas are immune to a disease. Herd immunity will break the chain of the Covid-19 pandemic as more people get vaccinated. Of course, to stop a pandemic, all resources must be mobilized as well as possible. Receiving vaccinations and maintaining self-care by wearing a mask, keeping your distance and washing your hands will optimize the likelihood that this pandemic will end soon.

Fifth, vaccines can protect future generations. By decreasing the rate of Covid-19 infection and breaking the chain of the Covid-19 pandemic, you can protect future generations from the long suffering of being infected with this disease. This has been proven from historical records that have taken place. In the past, there were many diseases caused by deadly viruses, now we survive and live from the vaccination of the past generations. So, this is the time for us to become the generation that saves future generations from this dangerous Covid-19 disease and makes the next generation even healthier. Are you one of the saviours?

The five benefits above are some of many benefits of getting vaccine. There are indeed many other benefits of getting vaccine.
source: https://corona.jakarta.go.id/en/artikel/5-manfaat-vaksinasi-covid-19- yang-wajib-diketahui

TERJEMAHAN TEKS

Manfaat Mendapatkan Vaksin Covid-19

Sudahkah Anda menerima vaksin Covid-19? Atau sudahkah Anda divaksinasi? Atau mungkin bahkan saat giliran Anda tiba, Anda masih belum yakin dengan vaksinasi? Anda tidak perlu khawatir sama sekali mengenai vaksinasi Covid-19 karena selain aman, vaksin Covid-19 juga dapat memberikan banyak manfaat bagi Anda. Berikut lima manfaat vaksinasi Covid-19 yang perlu Anda ketahui.

Pertama, vaksin dapat mencegah Covid-19 menginfeksi tubuh Anda. Kita sebenarnya sudah tidak asing lagi dengan vaksinasi. Sejak kecil kita sudah mendapatkan vaksinasi dan imunisasi terhadap berbagai penyakit.

Vaksin saat ini tersedia untuk melindungi terhadap setidaknya 20 penyakit, seperti difteri, tetanus, pertusis, influenza, dan campak. Menurut WHO, kehadiran vaksin yang ada diperkirakan telah mencegah 2 hingga 3 juta kematian setiap tahunnya. Vaksinasi Covid-19 dapat melindungi Anda dengan menciptakan antibodi atau sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus SARS-Cov-2 penyebab penyakit Covid-19. Dengan antibodi tersebut, tubuh Anda akan terlatih untuk mencegah dan melawan infeksi Covid-19. Vaksinasi bukanlah obat yang bisa menyembuhkan Covid-19 secara tuntas. Namun menurut para ahli, meskipun Anda tertular Covid-19 setelah vaksinasi, vaksin akan menghindarkan tubuh Anda dari infeksi dan gejala Covid-19, karena tubuh Anda kini memiliki sistem pertahanan tubuh yang lebih kuat.

Kedua, vaksin dapat membantu Anda melindungi orang-orang di sekitar Anda. Ketika Anda divaksinasi, Anda tidak hanya melindungi diri Anda sendiri tetapi juga keluarga Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Pasalnya, tidak semua orang bisa menerima vaksin Covid-19. Saat ini vaksin hanya diberikan kepada mereka yang sehat, tidak memiliki penyakit serius, berusia di atas 18 tahun, dan persyaratan lainnya. Mereka yang tidak bisa divaksin bergantung pada Anda yang bisa divaksin untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Semakin banyak orang yang mendapatkan vaksinasi, semakin kecil kemungkinan orang yang terinfeksi menularkan penyakit.

Ketiga, vaksin dapat melindungi dan membantu petugas kesehatan. Tahukah Anda bahwa pandemi Covid-19 membuat banyak rumah sakit terbebani karena keterbatasan fasilitas dan sumber daya? Tak heran jika banyak rumah sakit yang mencapai kapasitasnya dalam menerima pasien Covid-19 dan non-Covid-19. Petugas kesehatan yang merawat pasien Covid-19 harus memakai Alat Pelindung Diri (APD) dalam jangka waktu lama untuk melindungi mereka dari Covid-19. Dengan munculnya vaksin dan semakin banyak orang yang mendapatkan vaksinasi, maka jumlah orang yang tertular dan tingkat penularan tentu akan menurun. Hal ini mengurangi beban tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan. Petugas kesehatan dapat mendedikasikan upaya, dana, dan peralatannya untuk membantu pasien yang mengalami gejala parah atau penyakit lain dan mencegah penumpukan pasien di rumah sakit.

Keempat, dengan vaksin, pandemi bisa segera berakhir. Anda pasti ingin pandemi ini segera berakhir bukan? Jadi sekarang saatnya! Jika Anda mendapatkan vaksinasi dan semakin banyak orang yang mendapatkan vaksinasi terhadap Covid-19, maka akan ada pertahanan diri yang lebih besar bagi banyak orang. Hal ini akan mendorong terbentuknya herd immunity di mana penduduk di wilayah tertentu kebal terhadap suatu penyakit. Kekebalan kelompok (herd immunity) akan memutus rantai pandemi Covid-19 seiring dengan semakin banyaknya masyarakat yang mendapatkan vaksinasi. Tentu saja untuk menghentikan pandemi, segala sumber daya harus dikerahkan dengan sebaik-baiknya. Mendapatkan vaksinasi dan menjaga diri dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan akan mengoptimalkan kemungkinan pandemi ini segera berakhir.

Kelima, vaksin dapat melindungi generasi mendatang. Dengan menurunkan laju penularan Covid-19 dan memutus rantai pandemi Covid-19, Anda dapat melindungi generasi mendatang dari penderitaan panjang akibat tertular penyakit ini. Hal ini terbukti dari catatan sejarah yang telah terjadi. Kalau dulu banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh virus yang mematikan, kini kita bertahan dan hidup dari vaksinasi generasi yang lalu. Jadi, inilah saatnya kita menjadi generasi yang menyelamatkan generasi mendatang dari penyakit berbahaya Covid-19 ini dan menjadikan generasi penerus semakin sehat. Apakah Anda salah satu penyelamat?

Lima manfaat di atas adalah sebagian dari sekian banyak manfaat mendapatkan vaksin. Memang masih banyak manfaat lain dari mendapatkan vaksin.

ACTIVITY 4

Work in pairs and discuss.

Access and retrieve
  1. What is the first paragraph about?
    Answer: _________________________________________
  2. How many benefits of getting the Covid-19 vaccine are mentioned?
    a. two
    b. three
    c. four
    d. five
    e. six

    Integrate and interpret
  3. What is the writer’s opinion about the vaccination?
    Answer: _________________________________________
  4. How many arguments does the writer state? What are they?
    Answer: _________________________________________
  5. What data does the writer present to support the argument?
    Answer: _________________________________________

    Reflect and evaluate
  6. “Third, vaccines can protect and help health workers.” (p. 4) Do you
    agree with this statement? Explain your answer.
    Answer: 
    _________________________________________
  7. Do you think that the last sentence of the text is an appropriate
    reiteration of the thesis?
    Answer: 
    _________________________________________

TERJEMAHAN SOAL

Bekerja berpasangan dan berdiskusi.

Akses dan ambil
  1. Paragraf pertama tentang apa?
    Menjawab: _________________________________________
  2. Berapa banyak manfaat yang disebutkan dari mendapatkan vaksin Covid-19?
    A. dua
    B. tiga
    C. empat
    D. lima
    E. enam

    Integrasikan dan tafsirkan
  3. Apa pendapat penulis mengenai vaksinasi?
    Menjawab: _________________________________________
  4. Berapa banyak argumen yang dikemukakan penulis? Apakah mereka?
    Menjawab: _________________________________________
  5. Data apa yang penulis sajikan untuk mendukung argumen tersebut?
    Menjawab: _________________________________________

    Renungkan dan evaluasi
  6. Ketiga, vaksin dapat melindungi dan membantu petugas kesehatan. (hal. 4) Apakah kamu setuju dengan pernyataan ini? Jelaskan jawabanmu.
    Menjawab: _________________________________________
  7. Apakah menurut Anda kalimat terakhir teks tersebut tepat? pengulangan tesis?
    Menjawab: _________________________________________

KUNCI JAWABAN

  1. COVID-19 vaccine can provide many benefits

  2. d. Five

  3. The writer is pros with the arguments.

  4. Five. They are as follows:
    • First, vaccines can prevent COVID-19 from infecting your body.
    • Second, vaccines can help you protect those around you.
    • Third, vaccines can protect and help health workers.
    • Fourth, with vaccines, a pandemic can end soon.
    • Fifth, vaccines can protect future generations.

  5. The write present these data:
    • According to WHO, the presence of existing vaccines is estimated to have prevented 2 to 3 million deaths each year.
    • Currently, vaccines are only given to those who are healthy, do not have serious disease, are over 18 years of age, and other requirements.
    • Health workers who care for COVID-19 patients must also be willing to endure using Personal Protective Equipment (PPE) for an extended period to protect them from COVID-19.
    • Herd immunity will break the chain of the COVID-19 pandemic as more people get vaccinated.
    • In the past there were so many diseases caused by deadly viruses, with the presence of vaccines, we are a generation that lives on from the vaccination struggles of previous generations.

  6. Yes, I do. The number of infected individuals and the rate of transmission will undoubtedly decline with the introduction of vaccinations and increased vaccination rates.

    This lessens the workload on medical staff and medical facilities.

  7. Yes, I do. It clearly restates the arguments.

TERJEMAHAN JAWABAN

  1. Vaksin COVID-19 dapat memberikan banyak manfaat

  2. D. Lima

  3. Penulisnya pro dengan argumentasinya.

  4. Lima. Mereka adalah sebagai berikut:
    • Pertama, vaksin dapat mencegah COVID-19 menginfeksi tubuh Anda.
    • Kedua, vaksin dapat membantu Anda melindungi orang-orang di sekitar Anda.
    • Ketiga, vaksin dapat melindungi dan membantu petugas kesehatan.
    • Keempat, dengan vaksin, pandemi bisa segera berakhir.
    • Kelima, vaksin dapat melindungi generasi mendatang.
  5. Penulisan menyajikan data ini:
    • Menurut WHO, kehadiran vaksin yang ada diperkirakan telah mencegah 2 hingga 3 juta kematian setiap tahunnya.
    • Saat ini vaksin hanya diberikan kepada mereka yang sehat, tidak memiliki penyakit serius, berusia di atas 18 tahun, dan persyaratan lainnya.
    • Tenaga kesehatan yang merawat pasien COVID-19 juga harus rela bertahan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) dalam jangka waktu lama untuk melindungi mereka dari COVID-19.
    • Kekebalan kelompok (herd immunity) akan memutus rantai pandemi COVID-19 seiring dengan semakin banyaknya masyarakat yang mendapatkan vaksinasi.
    • Dahulu banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh virus yang mematikan, dengan hadirnya vaksin kita menjadi generasi yang hidup dari perjuangan vaksinasi generasi sebelumnya.

  6. Ya, saya bersedia. Jumlah individu yang terinfeksi dan tingkat penularan pasti akan menurun seiring dengan diperkenalkannya vaksinasi dan peningkatan tingkat vaksinasi.

    Hal ini mengurangi beban kerja staf medis dan fasilitas medis.

  7. Ya, saya bersedia. Ini dengan jelas menyatakan kembali argumennya.


Demikian Teks Bacaan, Soal, Kunci Jawaban, dan Terjemahan Activity 4 pada Unit 4: Analytical Exposition Text, Bahasa Inggris Kelas XI, jika bermanfaat berikan bintang 5 pada kotak Donasi di bawah.

Selain pembahasan di atas, kalian bisa menemukan pembahasan lainnya dengan menekan tombol berikut:
Kelas 7 Kelas 8 Kelas 9 Kelas 10 Kelas 11 Kelas 12

Mau donasi lewat mana?

SeaBank - Saifullah (9016-9529-0071)

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

BCA Blu - Saifullah (007847464643)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Seorang Guru Bahasa Inggris, Kreator Digital, Editor, Publisher, Advertiser, Blogger, Youtuber, Distributor, Desain Grafis, Web Developer, dan Programmer.

Posting Komentar

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😪😭😱😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❌✅⭐
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode



  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.